13 Peralatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Penggunaan teknologi digital secara masif oleh penduduk usia produktif di segala bidang merupakan modal penting untuk mencapai kemajuan bangsa. Pengertian teknologi informasi secara umum adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Merupakan bagian penting dari strategi organisasi, biasanya mencakup pengumpulan detail informasi inventori software dan hardware yang digunakan untuk membuat keputusan tentang distribusi dan pembelian hardware dan software dalam lingkungan bisnis. Penggunaan teknologi digital membutuhkan pembangungan infrastruktur teknologi dan komunikasi, perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software) yang sangat mahal. Pengertian teknologi ialah ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan semata, namun membutuhkan lebih dari itu. Perkembangan teknologi digital membuat banyak hal yang awalnya berupa imajinasi dan fantasi, menjadi sesuatu yang bisa diwujudkan dan dinikmati secara nyata. Teknologi self order itu sendiri memungkinkan pelanggan untuk memesan dan mengambil makanannya secara mandiri.

Sehingga mempermudah mereka yang berada dalam usia pelajar untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan tepat. Tidak hanya itu, penggunaan E-commerce juga digunakan oleh masyarakat khususnya kaum milenial untuk melakukan jual beli secara online dengan mudah dan cepat. Pada saat ini semua masyarakat khususnya kaum milienial di Indonesia bertelekomunikasi dengan menggunakan alat yang canggih secara cepat dan mudah. Secara garis besar, digitalisasi merupakan proses atau kegiatan untuk merubah proses atau kegiatan yang awalnya dilakukan secara manual menjadi sistem digital. Proses jual beli daring, konser musik daring, belajar daring, merupakan beberapa contoh perkembangan dunia digital atau proses digitalisasi yang saat ini dinikmati oleh masyarakat. Karena masa pandemi menegaskan seberapa pentingnya digitalisasi bagi bertahannya bisnis, memperjelas kebutuhan, dan hemat energi. Dilansir dari studi Unlocking a Sustainable Future karya kolaborasi Schneider Electric dan CNBC Catalyst menyatakan pemanfaatan teknologi digital dalam meningkatkan transisi energi baru, mengurangi gas rumah kaca, dan membangun rantai pasokan transparan. Pemanfaatan teknologi digital di masa pandemi ini memiliki banyak manfaat dalam kemampuan algoritme dalam menciptakan perubahan di area penting layaknya desain kota, konsumesi sumber daya dan energi, pembangkit listrik dan efisiensi rantai pasokan.

Tidak hanya itu, membuat konten digital dengan mudah dapat dilakukan oleh kaum milenial di Indonesia dengan melalui berbagai macam platform digital seperti website, blog, hingga sosial media dengan menggunakan berbagai macam alat dari teknologi digital seperti komputer, laptop, hingga telepon genggam atau Smartphone. Layanan lainnya yang menggunakan internet adalah teleworking; berbagai media atau saluran komunikasi seperti surat elektronik, pesan instan, VoIP, blog, podcast; komunitas virtual seperti jejaring sosial, forum, ruang percakapan, dan lain-lain. Sekarang sekali ketik dan klik, pesan akan tersampaikan. Tentu saja tidak hanya mobil pribadi, kedepannya teknologi yang sama akan diterapkan pada truk, dan kendaraan logistik lainnya. Tidak hanya itu, pada beberapa bidang lainnya juga dirasakan dan dimanfaatkan oleh kaum milenial di Indonesia. Beberapa dari mereka mampu bertahan, tetapi juga banyak yang terpaksa gulung tikar karena sulitnya perekonomian. Pada sesi paralel juga disertai dengan isu spesifik terkait dengan isu pembangunan Kabupaten Bandung, dimana terdapat paparan tentang rencana penelitian 21 kandidat Doktor dari Kabupaten Bandung. Chief Marketing PT VADS Indonesia Deddy Hermansyah, menjelaskan, pandemi telah mempercepat proses transformasi digital dimana kita ketahui perusahaan-perusahaan e-commerce, logistik, dan fintech tetap bertahan dan tumbuh pada era pandemi ini. Tetapi, tentunya masih ada kendala dalam optimalisasi sistem tersebut, jika kita masih bergantung banyak mengandalakan Sumber Daya Manusia.

Misal drone kita bisa sekali terbang langsung mengetahui populasi orang utan sebagai keystone ecology ada berapa, burung Rangkong habis makan dia keluarkan bijinya sambil terbang. Dia mengungkapkan, salah satu gagasan yang diangkat pada pembahasan isu DEWG ialah people-centered digital connectivity. Dia menambahkan, pihaknya terus mendorong upaya peningkatan literasi digital melalui berbagai kegiatan yang inklusif dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sejak manusia pertama ada dimuka bumi , manusia selalu berusaha untuk mengkomunikasikan segala sesuatu yang ada disekitarnya dengan berbagai cara. Dengan adanya perkembangan zaman yang membuat teknologi digital di Indonesia semakin canggih, perbankan di Indonesia juga dibuat semakin canggih. Berbagai hal, seperti pendidikan, restoran, buku, bahkan hingga kepemimpinan sudah harus menerapkan sistem digital untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Era digital adalah kondisi zaman yang sudah tidak bisa lagi dihentikan. Secara sederhana, perangkat IoT bisa disebut sebagai perangkat yang terhubung satu sama lain melalui jaringan internet sehingga menciptakan ekosistem integrasi bagi penggunanya. Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat Dr. Alam menghasilkan bahan pangan secara berkala, sementara kebutuhan manusia akan pangan adalah rutin. Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya teknologi, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya teknologi tersebut, yang akan dapat membahayakan manusia itu sendiri.